Monday, October 10, 2016

Bagian 1: EKONOMI dan SISTEM EKONOMI



A.                Definisi Ekonomi[1]


Masalah ekonomi menjadi perbincangan utama dalam kehidupan kita sehari-hari baik itu lingkup nasional maupun dunia internasional. Bahkan banyak permasalahan di Tanah Air yang terjadi dikatakan bahwa ini penyebabnya adalah masalah ekonomi. Lalu apa sebenarnya Ekonomi itu ?

Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, yaitu oikos dan nomos. oikos berarti rumah tangga dan nomos berarti, tata, atau aturan. Dengan demikian secara sederhana pengertian ekonomi dalam bahasa berarti tata aturan rumah tangga, sedangkan ekonomi menurut kamus Bahasa Indonesia berarti segala hal yang bersangkutan dengan penghasilan, pembagian dan pemakaian barang-barang dan kekayaan (keuangan).

Ekonomi itu sendiri berkenaan dengan setiap tindakan atau proses yang harus dilaksanakan untuk menciptakan barang-barang dan jasa yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan manusia. Secara lebih spesifik istilah ini dipakai untuk menyebutkan efesiensi relatif proses produksi, pengorganisasian administratif, atau penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia.

Selanjutnya Ekonomi dalam pengertian dan istilah terdapat beberapa definisi para ahli sebagai berikut:

1.    Pendapat Adam Smith, ekonomi adalah: Ilmu kekayaan atau ilmu yang khusus mempelajari sarana-sarana kekayaan suatu bangsa dengan memusatkan perhatian secara khusus terhadap sebab-sebab material dari kemakmuran, seperti hasil-hasil industri, pertanian dan sebagainya.

2.    Marshall mengemukakan: Ekonomi adalah: Ilmu yang mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari. Ilmu ekonomi membahas kehidupan manusia yang berhubungan dengan bagaimana ia memperoleh pendapatan dan bagaimana pula ia mempergunakan pendapatan itu.

3.    Menurut Ruenez: Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menghadapi kebutuhan-kebutuhannya dengan sarana-sarananya yang terbatas yang memmpunyai berbagai macam fungsi.

Dari pegertian-pengertian diatas, penulis menyimpulkan bahwasannya pengertian ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha juga upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka, baik perorangan maupun kelompok dengan segala alat atau perangkat juga fasilitas yang mendukung dalam kegiatan perekonomian, dengan maksud untuk memenuhi juga memperoleh kesejahteraan juga kemakmuran dalam hidup mereka.

Dalam islam ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang kebutuhan manusia yang sesuai dengan syariah-syariah islam.[2]

B.                 Definisi Sistem Ekonomi[3]


Sistem Ekonomi jika ditinjau lebih jauh maka akan beragam sekali macam-macamnya karena beragam pula negara yang menerapkannya. Untuk ulasan kali ini akan membahas tentang Pengertian Sistem Ekonomi dan Jenisnya yang diterapkan oleh beberapa negara.

Arti sistem berasal dari kata “sytema” yang dalam bahasa Yunani memiliki arti “Seluruh dari berbagai macam bagian”. Pengertian dari sistem menurut beberapa para ahli antara lain :

C.W. Churchman “Sistem merupakan seperangkat bagian-bagian yang di koordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan “.

L. James Havery Menurutnya “Sistem adalah prosedur logis dan rasional guna merancang suatu dari rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud guna sebagai suatu kesatuan di dalam mencapai suatu tujuan yang telah di tentukan”.

Sistem Ekonomi merupakan suatu proses penerapan yang berhubungan serta memiliki interakasi yang dapat di kembangkan oleh masyarakat dengan memiliki ciri dan identitas tersendiri.

by: Forum Kajian Pakeis, Cairo - Mesir

[1] http://pengertian-definisi.blogspot.com/2011/10/ekonomi.html, diakses pada pukul 19.12, hari jumat, 13 Februari 2015.
[2] Dr. Ahmad Muhammad Asal, Dr. Fathi Ahmad Abdul karim, an-Nidzhom al-Iqtshadi fil Islam, Maktabah Wahbah, Kairo, 2010, hal. 15.
[3] http://3rdrevision.blogspot.com/2014/02/pengertian-sistem-ekonomi-lengkap.html, diakses pada pukul 19.47, hari jumat, 13 Februari 2015.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, semoga bermanfaat